Revisi Perda tentang RPJMP inikan bertujuan demikian, di mana pemimpin kota saat ini ingin menjadikan daerah ini sebagai pintu gerbangnya perekonomian Kalimantan, dengan menganut kota berbasis sungai,

Banjarmasin (Antaranews Kalsel) – Anggota DPRD Kota Banjarmasin Aman Fahriansyah mengungkapkan, Kota Banjarmasin yang merupakan ibu kota provinsi ini akan menghidupkan kembali akses perekonomian jalur sungai, di mana perubahan Rancangan Pembanguan Jangka Panjang (RPJPD) 2006-2026 mengarah demikian.

“Revisi Perda tentang RPJMP inikan bertujuan demikian, di mana pemimpin kota saat ini ingin menjadikan daerah ini sebagai pintu gerbangnya perekonomian Kalimantan, dengan menganut kota berbasis sungai,” ucapnya, Selasa.

Sehingga, ungkap dia, Perda nomor 9 tahun 2005 tentang RPJPD 2005-2025, direvisi menyesuaikan visi dan misi mereka itu.

“Bukan berarti revisi ini akan menapikan rancangan pemimpin sebelumnya, hanya disesuaikan,” ujar Ketua Pansus Raperda RPJMP 2006-2026 tersebut.

Menurut Politisi PPP ini, keinginan wali kota saat ini yang mereka tanggap, menghidupkan kembali alur atau jalur sungai sebagai akses perekonomian, baik pariwisata maupun perdagangan.

“Ini tentunya bisa dipahami, karena daerah kita yang dikelilingi banyaknya sungai perlu dikembalikan fungsinya,” papar ketua komisi III itu.

Memang, kata Aman, akan sangat besar anggaran yang dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi sungai di daerah ini keasalnya sebagai jantung arus perekonomian masyarakat, di mana trasportasi sungai bisa hidup memasyarakat kembali.

“Sungai-sungai di daerah kita ini memang sudah banyak yang dangkal, tertutup jembatan dan bangunan, makanya perlu ada rancangan 20 tahun kedepan membenahi ini,” paparnya.

Pihaknya pun, ungkap Aman, sudah mempelajari bagaimana RPJMP di Bekasi dan Depok, di mana penataan anggaran memang menjadi tumpuan terlaksananya cita-cita membangun daerah ini sesuai yang diharapkan semuanya.

“Jadi kita di dewan yakin dan mendukung dengan tekad yang baik ini untuk kembali menghidupkan akses perekonomian jalur sungai akan terwujud nantinya dengan baik, sebab sejarah kejayaan kota kita demikian dulunya,” pungkas Aman.

Editor: Hasan Zainuddin

Banjarmasin Hidupkan Jalur Sungai
%d blogger menyukai ini: