DPKP Kotabaru Tangkap Piton Tiga Meter Resahkan Warga

Ular ini sebelumnya menyerang ternak ayam milik seorang warga di Jalan Putri Jaleha Gang Ar Rahim RT 01 Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulaulaut Utara

Kotabaru – Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berhasil mengevakuasi seekor ular piton sepanjang tiga meter lebih yang meresahkan warga karena memangsa ternak mereka.

“Ular ini sebelumnya menyerang ternak ayam milik seorang warga di Jalan Putri Jaleha Gang Ar Rahim RT 01 Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulaulaut Utara,” kata pemiliki ternak yang dimansa piton, Samani di Kotabaru, Rabu.

Ia menuturkan, sekitar pukul 02.30 Wita ia terbangun karena ada suara kebisingan ayam. Setelah ditelusuri ternyata ada ular.

Samsani mendapati seekor ular piton berada di dalam kandang sedang membelit salah satu ayam peliharaannya. Kemunculan ular di lingkungan tempat tinggalnya yang rimbun sebenarnya sudah biasa, namun belum pernah yang sebesar ini.

Biasanya kayak pergelangan tangan, sejenis tadung, kalau itu sudah sering, katanya.

Piton yang kekenyangan setelah memangsa dua ekor ayam itu pun dibiarkan terkurung di dalam kandang. Pagi harinya baru dilakukan evakuasi.

Meski tak berbisa, piton jenis sanca batik ini memiliki kemampuan melilit yang mematikan. Namun demikian, hanya dalam hitungan menit ular sebesar kaki orang dewasa itu berhasil diamankan. Dari hasil pengukuran, panjang piton ini diketahui mencapai 3,5 meter.

Selanjutnya ular ini kami amankan dan rencananya akan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam, ujar Kasi Penyelamatan DPKP Kotabaru Addenan.

Artikel Asli>

%d blogger menyukai ini: