PKK Ajak Murid SD Hidup Bersih dan Sehat

Marabahan – Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, menggelar Peringatan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun, Sikat Gigi Massal dan Bawa Bekal Sehat ke Sekolah, tingkat Kabupaten Batola tahun 2016, di Sekolah Dasar Negeri Hilir Masjid, Kecamatan Anjir Pasar, Jumat (4/11).

Kegiatan tersebut  dihadiri Wakil Ketua I TP PKK  Batola Hj Fauliah Mamun Kaderi, Wakil Ketua II TP PKK Batola  Hj Sriwahyuningsih Supriyono,  Kepala Dinas Pendidikan Batola, Kecamatan Anjir Pasar itu, para kader dan pengurus PKK Bumi Ijejela ini.

Selain mengajak para murid SDN untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dan selalu menggosok gigi, mereka juga membagikan bingkisan berupa susu sebanyak 300 kotak, ujar  Wakil Ketua I TP PKK  Batola Hj Fauliah Mamun Kaderi, di Marabahan.

Selain itu, menurut dia, juga diberikan tempat jajan sebanyak 100 kotak, sabun sebanyak 150 botol, sikat gigi lengka dengan pastanya sebanyak 150 paket, dan telor sebanyak 300 biji.

Dijelaskannya, dengan adanya kegiatan sosialisasi  diharapkan para siswa sekolah dasar sudah terbiasa berprilaku hidup bersih dan sehat.

Sosialisasi gerakan kebiasaan sikat gigi dua kali sehari dan membawa bekal sehat, serta selalu cuci tangan pakai sabun, kita harapkan bisa menjadi sebuah budaya sehat dalam kehidupan sehari-hari anak-anak, ucapnya.

Sekolah, sebut dia,  merupakan tempat pembelajaran, karena itu jika gerakan sosialisasi tersebut tidak dikelola dengan baik, maka dampaknya bagi kesehatan akan sangat terasa.

Anak merupakan asset pembangunan masa depan dan merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu perlu dijaga, ditingkatkan dan harus dipelihara kesehatannya, hal ini mengingat anak usia pra sekolah dan usian sekolah rawan terhadap masalah kesehatan, ucapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut,  terang dia, diharapkan segenap keluarga dan masyarakat Bumi Ijejela semakin meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk memelihara kebersihan dan kesehatannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hj Susilawaty Asyari mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menjadikan anak-anak terbiasa hidup bersih dan sehat.

Dia berharap, memberi dampak pada meningkatnya indek keluarga sehat di Bumi Ijejela.

%d blogger menyukai ini: