Kotabaru kembangkan tanaman vetiver

30
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama Kapolres dan instansi vertikal lainnya dalam aksi tanam rumput vetiver di Gunung Mamake sebagai upaya pencegahan erosi dan tanah longsor (Antaranews Kalsel/hms)

Kotabaru (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotabaru bersama Polres setempat melakukan aksi tanam 2.500 rumpun tanaman Vetiver sebagai upaya pencegahan erosi dan tanah longsor di kawasan wisata Gunung Mamake, Rabu.

Aksi peduli lingkungan yang digelar tersebut merupakan kerja sama Pemkab Kotabaru bersama jajaran aparat di lingkungan Polres, Dandim 104 dan Lanal Kotabaru serta sejumlah instansi vertikal lainnya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tanam rumput Vetiver ini, karena kegiatan ini merupakan sebagai bentuk plestarian lingkungan.

“Terimakasih kepada Kapolres Kotabaru beserta jajaran yang sudah mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Bupati juga berpesan untuk selalu besama-sama menjaga lingkungan dengan cara trus melakukan penghijauan dan pelestarian Alam, khususnya Objek wisata yang ada di Kotabaru.

“Marilah bersma-sama kita menjaga dan memelihara rumput Vetiver ini, apabila cocok nantinya pemerintah daerah juga akan menanam rumput ini,” jelas Sayed.

Sementara Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafrudddin dalam sambutannya mengatakan hutan merupakan sumber kehidupan, diadakannya kegiatan ini merupakan perintah dari pemerintah pusat.

“Beberapa waktu yang lalu pak Jokowi menanam rumput Vetiver ini di Bogor tujuannya untuk mengurangi resiko erosi atau longsor,” ungkapnya seraya menjelaskan bahwa Bibit rumput Vetiver ini ia bawa langsung dari Bogor.

Kapolres berharap semoga rumput Vetiver ini berguna untuk mengurangi bahkan menvegah terjadinya erosi/ longsor di Bukit Mamake ini yang juga merupakan objek wisata serta bermanfaat bagi masyarakat.

Pantauan, aAcara tersebut juga dihadiri Sekda Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Danlanal Kotabaru, Dandim 1004 Kotabaru, Kepala SKPD Kotabaru, Camat Pulau Laut Sigam, Staf dari Polres Kotabaru Tokoh Masyarakat dan tamu undangan. Editor: Imam Hanafi

%d blogger menyukai ini: