Marajai Selamatkan Buah Khas Kalimantan Yang Tersisa

Buah langsat di Marajai (Antaranews Kalsel/Hasan Z)


Kian maraknya perkebunan kelapa sawit dan kebun karet unggul di berbagai daratan Provinsi Kalimantan Selatan, telah mengubah kondisi hutan yang beraneka ragam buah-buahan khas setempat, menjadi kawasan kedua jenis tanaman tersebut.

Belum lagi adanya penambangan batubara yang mengupas lahan yang di atasnya berhutan dengan aneka buah-buahan tersebut, telah menghilangkan ratusan spicies pelasma nuftah yang sebenarnya sangat bernilai jika terus dilestarikan.

Tadinya dari 1,7 juta hektare lahan hutan di Kalsel, kondisinya terus menurun seiring berkembangnya perkebunan kedua komoditi yang menjadi andalan ekonomi tersebut.

Belum lagi sekitar 700 ribu hektare lahan yang kering kerontang akibat kebakaran hutan dan eksploitasi lainnya menyebabkan populasi buah-buahan endemik pulau terbesar di tanah itu terus menyUsut.

Berkurangnya kayu-kayu hutan membuat sebagian warga setempat terus menebang kayu dari pohon buah-buahan itu sekadar hanya untuk memenuhi kebutuhan KAYU pembuatan rumah, pondok, dan bangunan lainnya.

Belum lagi adanya warga yang menebang pohon buah untuk dijadikan veener sebagai bahan pelapis dalam plywood (kayu lapis) untuk kebutuhan ekspos.Berbagai tindakan tersebut terus menghilangkan keaneka ragaman hayati berupa buah-buahan tersebut, sehingga dikhawatirkan beberapa jenis buah akan hilang, karena sekarang sudah mulai langka.

Berdasarkan catatan untuk jenis durian saja di Kalimantan Ini terdapat sekitar 40 jenis, dari semua itu sebagian terbilang unik dan tak ada di daerah lain. Sebagai contoh di Kalsel ini ada durian yang kulitnya kuning keemesan dan isi buah juga kuning keemasan yang disebut penduduk setempat pampakin atau di Kaltim disebut buah lai (Durio kutejensis).

Kemudian ada pula durian berkulit merah kehitaman berduri panjang-panjang, isi warna putih warna biji hitam, rasanya khas yang disebut lahung ((durio dulcis).

Ada lagi durian perpaduan antara durian biasa dengan pampakin yang disebut mantaula, lain lagi durian bulat kecil dengan duri panjang dan besar, isisnya warna kuning dan tebal disebut karatongan.

Satu lagi yang disebut mahrawin (Durio oxleyanus) bentuknya persis karatongan tetapi warna kulit lebih hijau dan bulu yang runcing lebih pendek-pendek. Semua jenis durian tersebut, konon, hanya ada di Kalimantan, karena tak pernah ditemukan tumbuh di luar dari habitat aslinya pulau Kalimantan.

Menurut pemerhati buah-buahan Kalimantan, Hanif Wicaksono, Kalimantan memang surga bagi tanaman buah, hanya saja sekarang populasinya terus menurun akibat eksploitasi lahan yang terus meningkat untuk berbagai kepentingan.

Menurut dia, akibat kian menghilangnya jenis buah Kalimantan ini menimbulkan banyak keprihatinan yang mendalam akan lenyapnya kekayaan alam tersebut.

Tak sedikit orang di luar Kalimantan, seperti dari Pulau Jawa yang merasa terpanggil untuk menyelamatkan plasma nutfah tersebut, lalu membeli biji-biji buahan tersebut.

Hanif sendiri yang pekerjaannya adalah penyuluh program Keluarga Berancana (KB) dan desa binaannya adalah Desa Marajai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel, dan kebetulan ia mendalami masalah buah-buahan Kalimantan ini merasater panggil untuk mengajak warga desa binaanya menggalakan pembudidayaan lagi buah-buah tersebut.

Ketika bersama penulis, Hanif Wicaksono yang didampingi Kepala Desa Marajai Adi Setiawan yang lebih populer dipanggil Adi Balangan mencoba menelusuri kawasan hutan setempat yang dipenuhi tanaman buah endemik Kalimantan.

Tim kecil yang juga diikuti oleh pengelola Kebun Raya Balangan tersebut menemukan sebuah kawasan yang banyak ditemui buah-buahan yang khas tersebut.

Untuk sejenis buah tarap saja di desa tersebut terdapat delapan jenis, kata Hanif Wicaksono seraya menunjuk beberapa pohon yang ada di kawasan yang termasuk Pegunungan Meratus itu atau sekitar 250 Km Utara Banjarmasin.

Buah tarap sejenis pohon buah dari marga pohon nangka (Artocarpus) bentuknya seperti bola kaki, berbulu warna hijau jika mentah dan warna merah jika matang, isinya dengan banyak biji kecil dan rasanya khas.

Jenis lain yang menyerupai tarap ditemukan dikawasan itu adalah binturung (arctictis binturong), Ada pula s yang disebut kulidang (Artocarpus lanceifolius roxb), puyian (Artocarpus rigidus) dan lainnya.

Kita bersyukur masih ada lokasi lahan yang ditumbuhi aneka buah-buah khas Kalimantan, karena tidak dijadikan kebun karet unggul dan sawit sebagaimana lahan-lahan lainnya di wilayah ini, kata Hanif Waicaksono.

Lantaran masih tersedianya pohon-pohon buah itu maka Marajai merupakan wilayah penghasil buah-buahan jenis langka itu yang banyak dijual belikan, baik ke ibukota kecamatan, ibukota kabupaten bahkan ke daerah-daerah lainnya.

Untuk jenis durian saja mungkin wilayah Marajai yang paling banyak memberikan kontribusi bagi pedagang durian di Balangan, tambah Hanif yang dianggukan pula Kepala desa.

Apalagi durian di Marajai aneka spicies, ada durian berkulit merah, durian kuning , durian hhijau tua, berduri, dan durian berkulit warna agak jingga.Buah lainnya yang teridentifikasi di desa bagian dari Pegunungan Meratus ini adalah Silulung (Baccaurea angulata) maritam (Nephelium ramboutan-ake) bumbunau (Aglaia laxiflora), babuku (Dimocarpus longan subspecies malesianus), luying/luing (Scutinanthe brunnea).

Kemudian juga ada buah kapul (Baccaurea macrocarpa), kalangkala (Litsea garciae), gitaan / tampirik (Willughbeia angustifolia) dan kumbayau (Dacroydes rostrata).

Kepala Desa Marajai Adi Setiawan berjanji akan mengajak pemilik lahan buah-buahan tersebut untuk merawat dan mengembangkannnya lebih luas lagi tumbuhan tersebut agar desa mereka bisa menjadi sentra buah-buahan endemik Kalimantan yang mulai langka itu.

Bahkan oleh kepala desa kawasan ini akan dijadikan agrowisata buah-buahan endemik Kalimantan yang akan terus dipromosikan ke berbagai daerah.

Artikel Asli>>

%d blogger menyukai ini: