DPRD Kalsel Antisipasi Punahnya Kerbau Rawa dan Itik Alabio

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) – Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tergabung dalam Panitia Khusus Raperda tentang Pengelolaan Sumber Daya Genetik Lokal mengharapkan, sumber daya genetik lokal (SDGL) di provinsi tersebut jangan sampai punah.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Pengelolaan SDGL Kalsel Ir Danu Ismadi Saderi MS mengemukakan harapan itu pada seminar/uji publik Raperda tentang Pengelolaan SDGL di Banjarmasin, Kamis.

Pasalnya, ujar mantan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banjarbaru, Kalsel itu, banyak SDGL provinsinya yang menjadi incaran orang luar daerah, bahkan dari luar negeri.

Namun anggota DPRD Kalsel pengganti antarwaktu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu tidak menyebutkan SDGL di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut yang menjadi incaran orang laur daerah.

Ia berharap, dengan keberadaan Perda tentang Pengelolaan SDGL Kalsel nanti dapat melindungi SDGL provinsi ini dari kepunahan, terutama karena ada orang yang membawa ke luar daerah.

Karenanya pula semua pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot) di provinsi ini nanti agar menindaklanjuti Perda tentang Pengelolaan SDGL tersebut, lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/Kabupaten Banjar itu.

Raperda tentang Pengelolaan SDGL Kalsel fokus berupa tumbuh-tumbuhan, karena pengaturannya belum ada secara khusus dalam peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, demikian Danu.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kalsel H Hamsyuri SH dalam sambutannya antara lain berharap, Perda tentang Pengelolaan SDGL itu nanti menjadi pedoman dalam mewujudkan provinsinya yang adil dan makmur.

Harapan wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu saat membuka seminar/uji publik Raperda tentang Pengelolaan SDGL Kalsel tersebut.

Raperda tentang Pengelolaan SDGL tersebut merupakan inisiatif DPRD Kalsel atas usul Komisi II lembaga legislatif itu bertujuan antara lain untuk melindungi SDGL provinsi setempat dari kepunahan, terutama karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, agar SDGL tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga bernilai ekonomis dalam menyejahterakan penduduk setempat.

Artikel Asli>

%d blogger menyukai ini: